Digital Marketing

          Digital Marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah Brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuan Digital Marketing adalah untuk menarik konsumen lebih banyak.

Dalam video yang berjudul Digital Marketing-Part #1 yang di posting oleh Dedi Purwana melalui channel Youtubenya, Terrylina Arvinta Monoarfa SE. MM. menjelaskan tentang Digital Marketing.

tonton juga: Digital Marketing - Part#1

Digital marketing sangat penting bagi entrepreneur muda karena mengingat kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di era distribuktif ini menjadi hal yang harus dan wajib dipahami dan dilakukan sebagai strategi pemasaran pada dunia kewirausahaan. Bahwa era pandemi semakin mengaklerasi dan membuktikan betapa pentingnya digital marketing bagi dunia kewirausahaan dikarenakan ketika orang sudah tidak bisa mengakses secara konvensional media promosi atau media pemasaran dilakukan maka media digital merupakan salah satunya solusi dalam masa pandemi Covid, sehingga terbuka peluang dan kesempatan bagi wirausahawan untuk tetap bisa melakukan promosi dan pemasaran melalui pemanfaatan media digital.

“The internet and digital technologies are transforming our world. Digital technology has to be our future” -Jean Claude Juncker. Peran internet dan dunia digital sudah mengubah dunia saat ini, yang semula media konvensional sudah dianggap paling mutakhir, namun seiring perkembangan zaman, internet dan teknologi digital menguasai dunia. Tentu saja mengubah pola pikir manusia, sehingga terjadinya shifting pada perilaku konsumen dan kemudian ditangkap sebuah peluang oleh pemilik bisnis yang dimana harus bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Digital marketing merupakan bagian dari sebuah jawaban yang diberikan kepada konsumen supaya tetap bisa memenangkan persaingan yang terjadi. Jika mau menguasai masa depan maka harus menguasai teknologi digital begitupun dengan beberapa teori. Seperti menurut teori Darwin “Sebenarnya manusia yang berhasil, yang sukses, yang bisa memenangkan sebuah pertempuran adalah orang-orang bukan yang paling kuat, bukan yang paling besar tapi yang paling bisa beradaptasi terhadap perubahan”. Maka dengan banyak perubahan yang terjadi mau tidak mau harus mampu beradaptasi terhadap perubahan.

Digital Marketing memiliki kelebihan yang dapat memudahkan para Entrepreneur, diantaranya yaitu:

1.    melakukan promosi dengan menggunakan media digital lebih cepat sampai pada target konsumen

2.    memudahkan dalam melakukan evaluasi karena data yang terdahulu mudah tersimpan dan terdata.

3.    dalam penyebaran produk dapat menjangkau lebih luas

4.    murah dan efektif

Berbicara digital marketing maka harus mengetahui bagaimana cara merancang sebuah rencana strategis yang akan dilakukan agar bisnis bisa bertumbuh dan berkembang, produk bisa lebih dikenal dan mampu berdaya saing. Dalam hal tersebut  maka perlu menggunakan konsep SOSTAC Marketing Diagram. Konsep SOSTAC nantinya dirancang atau bisa disebut juga sebagai pemasaran digital yang akan disusun dan dirancang untuk usaha.

 

1.     Situation Analysis

Situasi analisis menjelaskan tentang Where we now?. Di situasi analisis perlu mengevaluasi posisi kita saat ini seperti apa?. Berikut langkah-langkah yang terjadi dalam situasi analisis sebagai berikut:

a)    Goal Performance

Terdapat 5Se yang terdiri dari sebagai berikut:

1.    Sell: Berapa tingkat penjualan.

2.    Serve: Bagaimana memberikan layanan kepada konsumen.

3. Save: Sudah cukupkah dalam hal cost kalau misalnya sebelumnya kita menggunakan media konvensional sudah bisa dipastikan bahwa pasti pasti dalam hal biaya tidak cukup efisien, namun jika bergeser menuju media digital maka bisa mengurangi cost tersebut karena cukup menggunakan sosial media atau website sebagai online shop atau menggunakan e-commerce ataupun marketplace. Dengan begitu jauh lebih efisien.

4. Speak: Bagaimana membangun engangement dengan konsumen dan mampu mengkomunikasikan produk atau layanan kepada konsumen.

5.  Sizzle: Bagaimana kita melakukan extension terhadap produk dan layanan yang dipunyai, jika dulu hanya menggunakan toko yang artinya kita menggu bagaimana konsumen datang tapi kalau misalkan menggunakan media digital kemungkinan bisa mendekati konsumen dan bisa mencakup konsumen yang lebih luas lagi.

b)    Customer Insight (Wawasan Pelanggan)

Bagaimana penilaian atau pandangan konsumen terhadap keberadaan usaha bisnis.

c)    E-marketplace SWOT

Menyusun analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats)  Kekuatan dan Kelemahan usaha seperti apa?, Peluang diluar apa?, dan Ancaman kita apa?.

d)    Internet Capabilities and Resources (Kapabilitas dan Sumber Daya Internal)

 

2.    Objectives

Menyusun pola sebuah objektif (tujuan). Tujuan menjelaskan tentang Where do want to be?, sehingga kenapa ketika kita sudah mengetahui posisi kita sekarang dan mengetahui tujuannya kita apa. Mengubah 5S untuk menuju ke arah yang kita inginkan.

 

3.    Strategy

Strategi membicarakan tentang How do we get there?. kemudian kita akan persempit atau mengerucutkan strategi yang sudah dibuat, jadi berikutnya adalah disusun taktik. Menyusun strategi dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • a.  Memulai Menyusun Segmentation, Targeting and Positioning: Siapa segmen, siapa target dan posisinya seperti apa?.
  • b.    Merancang OVP (Online Value Proposition): Value (nilai) apa yang kita unggulkan dalam bisnis dibandingkan dengan yang lain.
  • c.   Sequence: Bagaimana meningkatkan kredibilitas bisnis melalui media digital, misalnya ketika anda menjual sebuah produk melalui sebuah strategi bisa melakukan atau memberikan deskripsi produk yang jelas, membebaskan memberikan ruang kepada konsumen untuk mereview produk dan layanan sehingga secara tidak langsung tanpa berusaha untuk mempengaruhi konsumen tapi konsumen dengan senang hati mereka mau mereview tentnag produk maupun layanan anda baik itu review positif maupun negatif.
  • d.    Tools (Web functionality, e-mail, IPTV): Tools atau channel apa yang kita gunakan dalam digital marketing. 


4.    Tactics

Menjelaskan tentang How exactly do we get there?. Berikut tahap-tahapan tujuan sebagai berikut:

a.    E-marketing mix, including the communication mix, social networking, what happened when?

E-marketing apa saja yang akan dilakukan dan platform apa saja yang akan  digunakan.

b.    Details of contact strategy

Bagaimana kita menjalin komunikasi

c.    E-campaign initiative schedule

Bagaimana penjadwalan tentang posting dan upaya secara detail tentang taktik.

 

5.    Actions

Menjelaskan tentang The details of tactics. Action yang dilakukan bisa seperti melakukan iklan melalui facebook, instagram, strategi hastag, dan sebagainya. Berikut Tahap-tahapan action sebagai berikut:

a.    Responsible and Structure

b.    Internal Resources and Skill

c.    External Agencies

 

6.    Controls

Pada konseep ini yang terakhir adalah melakukan kontrol yang menjelaskan How do we monitor performance?. Pada konsep ini perlu menyusun Key Performance Indicator. Apakah langkah-langkah yang sudah disusun, strategi yang sudah dibuat, aksi yang sudah dilakukan sudah cukup memenuhi target, dan sudah cukup bisa mengarahkan pada tujuan yang diinginkan. Berikut Tahap-tahapan controls sebagai berikut:

  • a.    5Se + Web Analystics – KPIs
  • b.    Usability Teeting/Mystery Shopper
  • c.    Customer Satisfaction Surveys
  • d.    Site Visitor Profiling
  • e.  Frequency of Reporting and Actions

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Generasi Milenial sebagai Digital Entrepreneur

Wisata Bahari Terbaik di Indonesia

Sukses Menjadi Wirausaha Muda, Siapa Takut?