Digital Marketing
Digital Marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah Brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuan Digital Marketing adalah untuk menarik konsumen lebih banyak.
Dalam video yang berjudul Digital Marketing-Part #1 yang di posting oleh Dedi Purwana melalui channel Youtubenya, Terrylina Arvinta Monoarfa SE. MM. menjelaskan tentang Digital Marketing.
tonton juga: Digital Marketing - Part#1
Digital marketing
sangat penting bagi entrepreneur muda
karena mengingat kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di era
distribuktif ini menjadi hal yang harus dan wajib dipahami dan dilakukan
sebagai strategi pemasaran pada dunia kewirausahaan. Bahwa era pandemi semakin
mengaklerasi dan membuktikan betapa pentingnya digital marketing bagi dunia
kewirausahaan dikarenakan ketika orang sudah tidak bisa mengakses secara
konvensional media promosi atau media pemasaran dilakukan maka media digital
merupakan salah satunya solusi dalam masa pandemi Covid, sehingga terbuka
peluang dan kesempatan bagi wirausahawan untuk tetap bisa melakukan promosi dan
pemasaran melalui pemanfaatan media digital.
“The
internet and digital technologies are transforming our world. Digital
technology has to be our future” -Jean
Claude Juncker. Peran internet dan dunia digital sudah mengubah dunia saat ini, yang semula
media konvensional sudah dianggap paling mutakhir, namun seiring perkembangan
zaman, internet dan teknologi digital menguasai dunia. Tentu saja mengubah pola
pikir manusia, sehingga terjadinya shifting pada perilaku konsumen dan kemudian
ditangkap sebuah peluang oleh pemilik bisnis yang dimana harus bisa memenuhi
kebutuhan dan keinginan konsumen. Digital marketing merupakan bagian dari
sebuah jawaban yang diberikan kepada konsumen supaya tetap bisa memenangkan
persaingan yang terjadi. Jika mau menguasai masa depan maka harus menguasai
teknologi digital begitupun dengan beberapa teori. Seperti menurut teori Darwin
“Sebenarnya manusia yang berhasil, yang
sukses, yang bisa memenangkan sebuah pertempuran adalah orang-orang bukan yang
paling kuat, bukan yang paling besar tapi yang paling bisa beradaptasi terhadap
perubahan”. Maka dengan banyak perubahan yang terjadi mau tidak mau harus
mampu beradaptasi terhadap perubahan.
Digital Marketing memiliki kelebihan yang dapat
memudahkan para Entrepreneur, diantaranya
yaitu:
1.
melakukan promosi dengan menggunakan media
digital lebih cepat sampai pada target konsumen
2.
memudahkan dalam melakukan evaluasi
karena data yang terdahulu mudah tersimpan dan terdata.
3.
dalam penyebaran produk dapat menjangkau
lebih
luas
4. murah dan efektif
Berbicara digital
marketing maka harus mengetahui bagaimana cara merancang sebuah rencana
strategis yang akan dilakukan agar bisnis bisa bertumbuh dan berkembang, produk
bisa lebih dikenal dan mampu berdaya saing. Dalam hal tersebut maka perlu menggunakan konsep SOSTAC Marketing Diagram. Konsep SOSTAC nantinya dirancang atau bisa disebut juga sebagai
pemasaran digital yang akan disusun dan dirancang untuk usaha.
1.
Situation Analysis
Situasi analisis
menjelaskan tentang Where we now?. Di situasi analisis perlu mengevaluasi
posisi kita saat ini seperti apa?. Berikut langkah-langkah yang terjadi dalam
situasi analisis sebagai berikut:
a)
Goal Performance
Terdapat 5Se yang terdiri dari sebagai berikut:
1.
Sell: Berapa tingkat penjualan.
2.
Serve: Bagaimana memberikan layanan kepada konsumen.
3. Save: Sudah cukupkah dalam hal cost kalau misalnya sebelumnya
kita menggunakan media konvensional sudah bisa dipastikan bahwa pasti pasti
dalam hal biaya tidak cukup efisien, namun jika bergeser menuju media digital
maka bisa mengurangi cost tersebut karena cukup menggunakan sosial media atau
website sebagai online shop atau menggunakan e-commerce ataupun marketplace.
Dengan begitu jauh lebih efisien.
4. Speak: Bagaimana
membangun engangement dengan konsumen dan mampu mengkomunikasikan produk atau
layanan kepada konsumen.
5. Sizzle: Bagaimana kita melakukan extension terhadap
produk dan layanan yang dipunyai, jika dulu hanya menggunakan toko yang artinya
kita menggu bagaimana konsumen datang tapi kalau misalkan menggunakan media
digital kemungkinan bisa mendekati konsumen dan bisa mencakup konsumen yang
lebih luas lagi.
b)
Customer Insight (Wawasan Pelanggan)
Bagaimana penilaian atau pandangan konsumen
terhadap keberadaan usaha bisnis.
c)
E-marketplace SWOT
Menyusun analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats) Kekuatan dan Kelemahan usaha seperti
apa?, Peluang diluar apa?, dan Ancaman kita apa?.
d)
Internet Capabilities and Resources
(Kapabilitas dan Sumber Daya Internal)
2.
Objectives
Menyusun pola sebuah
objektif (tujuan). Tujuan menjelaskan tentang Where do want to be?, sehingga kenapa ketika kita sudah mengetahui
posisi kita sekarang dan mengetahui tujuannya kita apa. Mengubah 5S untuk menuju
ke arah yang kita inginkan.
3.
Strategy
Strategi membicarakan tentang How do we get there?. kemudian kita akan persempit atau mengerucutkan strategi yang sudah dibuat, jadi berikutnya adalah disusun taktik. Menyusun strategi dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
- a. Memulai Menyusun Segmentation, Targeting and
Positioning: Siapa segmen, siapa target dan posisinya
seperti apa?.
- b.
Merancang OVP (Online Value Proposition): Value (nilai) apa yang kita unggulkan dalam
bisnis dibandingkan dengan yang lain.
- c. Sequence: Bagaimana
meningkatkan kredibilitas bisnis melalui media digital, misalnya ketika anda
menjual sebuah produk melalui sebuah strategi bisa melakukan atau memberikan
deskripsi produk yang jelas, membebaskan memberikan ruang kepada konsumen untuk
mereview produk dan layanan sehingga secara tidak langsung tanpa berusaha untuk
mempengaruhi konsumen tapi konsumen dengan senang hati mereka mau mereview
tentnag produk maupun layanan anda baik itu review positif maupun negatif.
- d.
Tools (Web
functionality, e-mail, IPTV): Tools atau channel apa yang kita gunakan dalam digital
marketing.
4.
Tactics
Menjelaskan tentang How
exactly do we get there?. Berikut
tahap-tahapan tujuan sebagai berikut:
a.
E-marketing mix, including the communication mix, social
networking, what happened when?
E-marketing
apa saja yang akan dilakukan dan platform apa saja yang akan digunakan.
b.
Details of
contact strategy
Bagaimana kita menjalin komunikasi
c.
E-campaign
initiative schedule
Bagaimana penjadwalan tentang posting dan upaya
secara detail tentang taktik.
5.
Actions
Menjelaskan tentang The details of tactics. Action yang dilakukan bisa
seperti melakukan iklan melalui facebook, instagram, strategi hastag, dan sebagainya.
Berikut Tahap-tahapan action sebagai berikut:
a.
Responsible and Structure
b.
Internal Resources and
Skill
c.
External Agencies
6.
Controls
Pada konseep ini yang
terakhir adalah melakukan kontrol yang menjelaskan How do we monitor
performance?. Pada konsep ini perlu menyusun Key Performance Indicator. Apakah langkah-langkah yang
sudah disusun, strategi yang sudah dibuat, aksi yang sudah dilakukan sudah
cukup memenuhi target, dan sudah cukup bisa mengarahkan pada tujuan yang
diinginkan. Berikut Tahap-tahapan controls sebagai berikut:
- a. 5Se + Web Analystics – KPIs
- b. Usability Teeting/Mystery Shopper
- c. Customer Satisfaction Surveys
- d. Site Visitor Profiling
- e. Frequency of Reporting and Actions
Komentar
Posting Komentar