Generasi Milenial sebagai Digital Entrepreneur

 oleh: Astri Damaihati

Saat ini, kita tengah memasuki era Revolusi Industri 4.0 yang ditandai dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat atau disebut juga dengan era digital. Perkembangan teknologi menumbuhkan beragam perubahan di berbagai sektor, termasuk dalam kewirausahaan. Dengan berkembangnya teknologi memunculkan berbagai inovasi baru dalam berbisnis salah satunya seperti merebaknya e-commerce, merintisnya bisnis berbasis digital (Startup), dan layanan keuangan digital atau financial technology (fintech).

Sebelum itu, apa sih wirausaha digital itu? Wirausaha digital atau Digital Entrepreneurship yaitu kewirausahaan yang dilakukan dengan dipengaruhi dan memanfaatkan teknologi di tengah masyarakat. Bisnis berbasis digital belakangan ini seperti sudah menjadi trend di tengah masyarakat. Dengan berkembangnya teknologi membuat para pelaku usaha merasa sangat terbantu dengan adanya teknologi. Para pelaku wirausaha diberi kemudahan untuk melakukan pemasaran dan promosi dengan adanya teknologi. Bisnis digital juga menjadi wadah bagi generasi muda untuk menyalurkan kreatifitas menjadi sebuah peluang usaha.

Seperti yang dijelaskan dalam video berjudul Wirausaha Digital itu Keren! #1 dan Wirausaha Digital itu Keren! #2, dalam channel youtube Dedi Purwana disebutkan bahwa di era Revolusi Industri 4.0 kini, digital merupakan komponen yang sangat penting untuk membantu memudahkan segala aktivitas manusia tidak terkecuali untuk berbisnis. Banyak kalangan masyarakat yang membeli sesuatu secara online karena dilinai lebih praktis. Belum lagi di tengah masa pandemic banyak para wirausahawan yang mengalihkan usahanya ke usaha online. Hal yang perlu dilakukuan oleh usahawan yaitu bagaimana memanfaatkan teknologi digital yang kemudian memprediksi bagaimana prospek kedepannya.

Tonton juga: Wirausaha Digital itu Keren! #1

Untuk mengelola sebuah usaha akan sulit jika tidak menggunakan teknologi informasi. Terdapat 5 hal yang menjadi strategi bisnis yang diperlukan di era digital kini, yaitu:

  1. Customer focus. Kepuasan pelanggan merupakan fokus untuk memperoleh keunggulan kompetitif. Maka dari itu, perusahaan menyediakan jasa khusus untuk memenuhi apa yang dibutuhkan customer.
  2. Omnichannel merupakan penghubung adtara dunia offline ke online, yang bagaimana mencari peluang dalam menghubungkan operasional offline ke dunia online.
  3. Big Data. Untuk mendukung transaksi bisnis, membuat data warehouse untuk pengambilan data, diperlukannya SAP Business One. Dengan mengoperasikan SAP Business One untuk mengolah supplay chain, sehingga menghasilkan Bigdata yang dapat digunakan untuk memprediksi peluang kedepannya.
  4. Cybersecurity sangat penting karena digunakan untuk melindungi informasi bisnis perusahaan. Karena jika sebuah perusahaan tidak mempunya I cybersecurity ynag kuat, sangat riskan untuk data terhapus atau bahkan data dapat menyebar ke dunia di luar perusahaan
  5. Digital Capability digunakan untuk mendukung perusahaan masuk ke dunia digital.

Dengan kelima strategi tersebut sangat dibutuhkan ahli teknologi informasi yang handal untuk mengontrol perusahaan, karena setiap perusahaan harus melaporkan pajak, dan pinjaman setiap bulan. Tanpa didukung oleh teknologi akan sangat sulit perusahaan untuk mengolah data-data perusahaan cabang. Namun sebaliknya jika didukung teknologi informasi yang handal memudahkan perusahaan mengontrol cabang karena data tersebut akan langsung ke pusat.

Untuk mengetahui tantangan dan peluang apa saja dalam bisnis digital harus menggunakan data. Berdasarkan penelitian IDC Worldwide pada tahun 2015, terdapat 4 hal yang harus diperhatikan unutk mengetahui apakah Indonesia sudah memasuki bisnis digital, yaitu:

  1. Mobile internet yang digunakan untuk mengetahui berapa pengguna internet mobile di indonesia dari tahun ke tahun.
  2. Cloud technology karena jika tidak mengunggunakan could tehcnology sangat sulit untuk mengontrol perusahaan-perusahaan cabang yang tersebar di Indonesia.
  3. Internet of things dapat digunakan sebabagi sensor untuk memantau sudah sampai mana produk dalam perjalanan atau bahkan mengontrol suhu pendingin untuk produk makanan tersebut.
  4. Big data and advance analytics.

Peluang bisnis digital di Indonesia salah satunya yaitu harga kuota internet di Indonesia relative murah. Untuk memasuki bisnis digital, kita harus melihat bagaimana keadaan pasarnya. Indonesia termasuk pengguna media sosial yang tertinggi dan 78% pengguna internet saat ini melakukan pembelian secara online dan 75% pembelian online tersebut dilakukan melalui perangkat seluler. Hal ini membuktikan bahwan pasar bisnis digital di Indoenasia memiliki peluang yang cukup tinggi.

Untuk menjadi pengukuran kinerja wirausaha dibutuhkannya Target Financial. Untuk mencapai Target Financial ini dibutuhkannya pelanggan baru dan pelanggan loyal. Suatu cara untuk memperoleh pelanggan baru bisa dengan menyebarkan brosur, atau melakukan promosi. Jika sudah memiliki pelanggan tentunya akan terpikir bagaimana mencari mencari pelanggan yang loyal. Untuk membuat pelanggan loyal kita dapat mengadakan promo seperti buy 1 get 1 Atau memberikan bonus-bonus sebagai bentuk promo lainnya.

Tonton juga: Wirausaha Digital itu Keren! #2

Disisi lain dalam Target Financial diperlukanya penghematan biaya dan juga bagaimana asset-asetnya tetap produktif. Untuk mencapai Target Financial ini kita harus mengejar kepuasan pelanggan. Agar pelanggan puas, dibutuhkannya proses internal. Proses internal apa agar pelanggan puas. Agar proses internalnya dapat berjalan dengan sempurna sesuai yang kita inginkan diperlukanya Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Untuk mendapatkan SDM yang berkualitas tentunya membutuhkan belajar dan pengembangan terhadap SDM tersebut.

Sebagai wirausahawan dengan adanya target financial yang mempengaruhi kepuasan penjualan tentunya memiliki beberapa komponen, yaitu dari harga barang, bagaimana kualitas barang, ketersediaan barang, pilihan barang, fungsi barang, bagaimana pelayanannya, bagaimana usahawan membangun kemitraan kepada pelanggan, dan juga bagaimana citra usaha tersebut. Untuk mencapai kepuasan pelanggan diiperlukannya proses internal yang sempurna. Proses Internal ini memiliki beberapa prosedur yaitu operasi, penganggan, inovasi, dan juga regulasi & sosial.

Selain SDM tentunya didukung oleh informasi yang cukup juga membangun suatu organisasi. Kompetensi yang dibutuhkan oleh wirausahawan untuk mencapai target tersebut, yaitu:

1. Communication

Komunikasi yang baik merupakan keterampilan paling penting untuk wirausahawan karena mereka harus mampu untuk menjelaskan ide, dan juga melakukan promosi kepada para investor maupun pelanggan.

2. Finansial

Memiliki kecerdasan Finansial juga sangat penting untuk mengatur atau mengendalikan arus keuangan dengan baik.

3. Merk

Merk atau citra sebagai wirausaha yaitu cara bicara, cara menanggapi email, dan jug acara memperkenalkan diri cara menulis sebagai wirausahawan.

4. Marketing

Seorang wirausahawan harus memahami secala mendalam berbagai ilmu pemasaran untuk mengoptimalkan, pemasaran melalui media social, pay per click, pemasaran konten, dan pemasaran via email.

5. Networking

Setiap wirausahawan harus memilikin kompetensi dalam networking karena makin luas jaringan silaturahmi yang dibangun, makin kuat pondasi bisnis seorang wirausaha.

6. Automation

Melakukan hal yang sama berulangkali akan mengurangi produktifitas wirausaha, jika perangkat lunak bisa mengerjakan, maka pelajari cara menggunakan atau melakukan pendelegasian.

7. Design

Setiap produk sangat membutuhkan desain untuk membedakan produk satu dengan produk dari perusahanan yang lain. Desain bukan hanya tampilan tetapi juga fungsinya sebagai identitas.

8. Analytics

Belajar menganalisis sangat penting bagi wirausahawan karena untuk membuat keputusan tidak bisa hanya berdasarkan firasat atau intuisi, terlebih lagi untuk keputusan yang besar harus berdasarkan data yang ada, karena jika mengambil keputusan berdasarkan data yang ada akan lebih meyakinkan disbanding menggunakan firasat atau intuisi yang masih ambigu. Hal tersebut juga agar dapat memprediksi peluang lebih besar.

9, Technical

Pemprograman merupakan suatu keterampilan yang penting dalam dunia digital karena semua serba menggunakan digital atau teknologi. Namun tidak semuanya wajib bisa asalkan mampu menguasai dasar-dasarnya. Tanpa memahami konsep yang kuat tentu akan mengalami sedikit kesulitan karena sekarang ini sudah memasuki era digital.

10. Learning

Keterampilan learning akan membantu wirausahawan untuk meningkatkan kinerja bisnis.


kunjungi juga: duniakampus40.net

Komentar

  1. Good job! semangat posting artikel menarik lainnya.

    BalasHapus
  2. Bermanfaat banget artikelnya .... Sangat menambah wawasan pengetahuan

    BalasHapus
  3. Artikel yang bagus sangat menambah wawasan ๐Ÿ‘

    BalasHapus
  4. Bagus bgt artikelnya dan mudah dimnegerti๐Ÿ‘

    BalasHapus
  5. Artikelnya bagus menambah wawasan

    BalasHapus
  6. Artikelnya sangat bermanfaat dan mengedukasi. Terima kasih ๐Ÿ™๐Ÿป

    BalasHapus
  7. Wahhh terima kasih astri, artikelnya sangat bermanfaat sekali!

    BalasHapus
  8. Artikelnya sangat menarik dan bermanfaat. Terimakasih ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Bahari Terbaik di Indonesia

Sukses Menjadi Wirausaha Muda, Siapa Takut?